Koleksi Kamera Terlengkap Sedunia Ada di Skotlandia

Home / Koleksi Kamera Terlengkap Sedunia Ada di Skotlandia

Koleksi Kamera Terlengkap

Koleksi kamera terlengkap sedunia siapa sangka tersembunyi dengan manis dan masih terawat letaknya di negara Skotlandia. Ia berada dalam sebuah balai desa bernama Five, suatu kota dengan kondisi lingkungan berhimpitan pinggiran pantai Skotlandia sehingga menambah keindahan pemandangan alam yang asri padanya.

Sejauh ini, kota Five begitu terpencil dan tidak populer sehingga hampir jarang sekali turis maupun wisatawan asing yang mengetahui keberadaannya. Tempat yang dikhususkan untuk mengoleksi kamera tersebut setidaknya menyimpan lebih dari tiga ribu unit tustel dengan rentang usia bervariasi hingga satu abad lamanya.

Koleksi Kamera Terlengkap Sedunia Ada di Skotlandia

Pemilik pertama bangunan tersebut adalah Neville Matthew, seorang Skotlandia asli yang mendedikasikan dirinya terhadap kamera. Neville telah jatuh cinta kepada dunia fotografi semenjak ia masih menginjak remaja sehingga muncul ide untuk mengumpulkan beraneka macam kamera dari seluruh dunia.

Kini Nevile telah meninggalkan dunia dengan tenang, sementara di usia tuanya ia terbiasa hidup sebagai seorang pensiunan pada desa Saint Monans. Neville Matthew yang biasanya dipanggil Jim ini memutuskan untuk menetap di desa dekat East Neuk tersebut setelah puas mengelilingi dunia karena tuntutan pekerjaan.

Jim memanfaatkan ruangan meeting bekas kantor dinas kepercayaan tertentu bernama Salvation Army sebagai bangunan penyimpan seluruh koleksinya. Pada balai tersebut kita akan menemukan deretan lemari berisikan kamera dengan rapi, lengkap berikut aksesoris serta peninggalan berharga lainnya.

Koleksi Kamera Terlengkap Milik Neville Mathew Bernilai Historis

Photograper wanita pertama di India bahkan pernah tertarik mengunjungi tempat koleksi kamera terlengkap milik Neville Mathew. Ia sangat antusias melihat kamera stereo dengan teknologi tiga dimensi serta produk serupa yang terproduksi oleh sejumlah negara Eropa bagian timur sehingga jarang terlihat di Skotlandia.

Ruangan sentral pada pusat penyimpanan harta karun berupa kamera antik tersebut menyimpan sebuah kamera merk Kodak Brownie dengan nomer seri langka. Brownie merupakan kamera murah pertama di dunia yang bisa terbeli bahkan oleh masyarakat biasa sekalipun, rilis ke pasar Amerika Serikat pada 1990 dengan harga hanya US $1 saja.

Koleksi Kamera Terlengkap Milik Neville Mathew Bernilai Historis

Jim begitu berhasrat ingin menjadikan ruangan koleksinya menjadi tempat pameran yang bisa dimasuki oleh publik supaya terliput pula oleh media. Sayangnya, penyakit yang ia derita semakin melemahkan tubuhnya sehingga Jim harus mengurungkan niatnya selama masih hidup dahulu.

Oleh karena itu, Jim memberikan batasan kunjungan bagi orang asing yang ingin mampir ke tempat koleksi kameranya sebanyak satu kali saja per tahun. Ia selalu mengadakan open house hanya selama festival bagi turis maupun wisatawan di desa Five, walaupun terkadang kita juga bisa mengunjunginya pada hari biasa asalkan sudah membuat janji terlebih dahulu dengan Jim.

Sejumlah testimonial dari para pengunjung lokasi tersebut bersaksi bahwasanya Jim begitu antusias berbicara mengenai koleksi kameranya. Sang istri yaitu Dorothy bercerita kepada awak media bahwa semasa masih hidup, mendiang Jim tak hentinya berbincang kepada para pengunjung sepanjang hari open house.

Almarhum Jim Bersemangat Membahas Koleksi Kameranya Kepada Pengunjung

Istri dari sang pemilik tempat koleksi kamera terlengkap di Skotlandia yaitu ibu Dorothy tersenyum kecil saat mengenang masa lampau suaminya. Ia mengaku sering kali harus mengingatkan Jim untuk beristirahat manakala lupa waktu menyambut para pengunjung tempat koleksinya di desa Five.

Dorothy melanjutkan ceritanya bahwa Jim sebetulnya merupakan pribadi yang tidak menyukai basa – basi dan selalu berbicara to the point. Namun semua perangai itu berubah seratus delapan puluh derajat ketika membahas topik mengenai kamera, dan siapapun yang melihatnya dapat mengerti bahwa Jim punya passion besar terhadap kamera.

Almarhum Jim Bersemangat Membahas Koleksi Kamera Terlengkap

Jim telah wafat pada usianya yang ke delapan puluh satu tahun sekitaran 2017 silam, namun bangunan koleksinya tetap abadi terawat rapi. Ia telah berjuang mengumpulkan semua koleksinya selama 24 tahun lamanya hingga beberapa tahun lalu akhirnya menutup usia dengan tenang sambil meninggalkan warisan tak ternilai harganya.

Dorothy berujar bahwasanya Jim memulai usahanya mengoleksi kamera pada saat yang sangat tepat waktu dan efisien. Pasalnya, saat itu khalayak ramai mulai beralih kepada teknologi yang lebih canggih seperti kamera digital dan membuang – buang kamera lawasnya.

Bagaikan kejatuhan durian runtuh, Jim sering sekali pulang kerja sambil memborong kamera yang jumlahnya satu koper penuh. Setiap kali ia mampir ke lokasi baru, pasti Jim menyempatkan diri mengunjungi pasar loak maupun tempat pengepul barang bekas.

, , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *